Pada Zaman yang semakin maju membuat banyak
persaingan di dalam dunia pekerjaan , oleh sebab itu banyak sekali orang yang
berlomba – lomba untuk bekerja dan mencari pekerjaan di perusahaan yang mereka inginkan
dengan bermodalkan pendidikan setinggi mungkin. Namun terkadang jalan hidup
seseorang tidak semuanya berjalan sesuai yang harapan , tidak sedikit pula
mereka yang tidak dapat mendapat
pekerjaan di dalam perusahaan membuat usaha sendiri atau berwirausaha sekalipun
dengan bakat pas – pasan di dalam berbisnis karna ketatnya persaingan dunia
kerja , tidak jarang pula para karyawan dan karyawati di dalam suatu perusahaan
memanfaatkan usaha berbisnis dengan berbagai macam alasan dari yang hanya
sekedar iseng sampai ada yang merasa bosan menjadi pegawai karna terikat waktu
dan tenaga. Dalam bidang perdagangan
atau dunia berbisnis setiap wirausahaan memerlukan perencanaan kerja dan
perekrutan tenaga kerja ,bila Hal
tersebut digunakan agar perusahaan yang dibuat dapat terorganisir dengan baik.
Entah perusahaan tersebut kecil, menengah, ataupun besar. Wirausaha harus
memiliki perencanaan dan perekrutan tenaga kerja. Untuk itu saya, berusaha
untuk menjelaskan hal yang diperlukan untuk wirausaha, yang bertujuan agar
memudahkan para wirausaha.
Dalam wirausaha hal terpenting adalah karyawan. Karyawan sebagai sumber daya manusia merupakan aset yang paling penting bagi perusahaan. Mendapatkan karyawan yang sesuai dengan kriteria yang diharapkan merupakan kunci utama bagi kesuksesan bisnis perusahaan. Manajemen Perekrutan (Recruitment management) adalah salah satu proses dalam Administrasi Personalia (Personnel Administration) pada departemen Human Resource Development (HRD) yang mendukung para pengambil keputusan dalam menentukan sumber daya manusia yang sesuai untuk memenuhi kebutuhan tenaga kerja.
Dalam wirausaha hal terpenting adalah karyawan. Karyawan sebagai sumber daya manusia merupakan aset yang paling penting bagi perusahaan. Mendapatkan karyawan yang sesuai dengan kriteria yang diharapkan merupakan kunci utama bagi kesuksesan bisnis perusahaan. Manajemen Perekrutan (Recruitment management) adalah salah satu proses dalam Administrasi Personalia (Personnel Administration) pada departemen Human Resource Development (HRD) yang mendukung para pengambil keputusan dalam menentukan sumber daya manusia yang sesuai untuk memenuhi kebutuhan tenaga kerja.
Disini saya akan menceritakan sebuah perusahaan yang bergerak di bidang
distributor HardWare Komputer dan Laptop . PT. BIN ( BINA INTER NUSA) selama 4
tahun perusahaan ini berdiri dibawah pemilik perusahaan yang sebelumnya bekerja
menjadi karyawan, 2 tahun belakangan ini PT. BIN memanfaatkan teknologi
internet untuk memasarkan produk yang ia miliki untuk menarik para konsumen dan
memperluas jaringan pemasaran produknya . Tidak hanya memasarkan produk yang ia
jual, PT. BIN juga membuka lowongan pekerjaan dengan cara memanfaatkan fasilitas di dunia maya . sebagai perusahaan
yang bergerak dalam bidang Pemasaran Produk , tentunya tidak sedikit karyawan
dan karyawati yang di perlukan untuk mendukung dan memaksimalkan penjualan
tersebut.
Dalam perekrutan karyawan dan
karyawati PT. BIN memiliki beberapa syarat
khusus yang mutlak harus dipenuhi
bagi para pelamar pekerjaan, oleh karna itu sebelum membuka lowongan pekerjaan
perusahaan ini membuat perencanaan sebagai berikut :
• Perencanaan kebutuhan tenaga kerja untuk
suatu periode tertentu.
• Pembuatan lowongan kerja.
• Seleksi pelamar eksternal.
• Perpanjangan kontrak karyawan subkontrak dan karyawan percobaan.
• Seleksi pelamar internal.
• Pembuatan lowongan kerja.
• Seleksi pelamar eksternal.
• Perpanjangan kontrak karyawan subkontrak dan karyawan percobaan.
• Seleksi pelamar internal.
Setelah membuat perencanaa lowongan ,
Prusahaan ini juga membuat standarlisasi bagi calon karyawan dan karyawatinya agar
dapat bekerja maksimal di bagian yang telah disediakan. Beberapa posisi
pekerjaan yang disediakan antara lain : CNC , MF , SC , IM , TLTM dan TK
1. CREATIVE NETWORK COORDINATOR (Kode
: CNC)
a. Pria dan wanita
b. Memiliki jaringan yang luas, creative dan aktif.
c. Berpengalaman di bidang direct selling, multilevel atau asuransi
d. Memiliki jiwa bisnis, berorientasi target dan menyukai tantangan
2. Marketing Funding (Kode : MF)
a. Pria dan wanita maksimal 45 tahun
b. Pendidikan minimal
SLTA atau sederajat
c. Berpenampilan menarik, komunikatif dan kreatif serta memilik jaringan yang luas
d. Memiliki pengalaman marketing di saham, danareksa, asuransi, BPR atau koperasi simpan pinjam.
e. Memiliki kendaraan sendiri
c. Berpenampilan menarik, komunikatif dan kreatif serta memilik jaringan yang luas
d. Memiliki pengalaman marketing di saham, danareksa, asuransi, BPR atau koperasi simpan pinjam.
e. Memiliki kendaraan sendiri
3. Sales Coorporate atau Group (Komunitas ) (Kode :
SC)
a. Pria dan wanita maksimal 45 tahun
b. Pendidikan min D3
c. Berpenampilan menarik, kreatif dan komunikatif
d. Memilki pengalaman marketing proyek pengadaan barang, atau marketing ke perusahaan atau komunitas.
e. Berorientasi pada target, dapat bekerja dibawah tekanan dengan pengawasan minimal
f. Memiliki kendaraan sendiri
4. Internet Marketing (Kode : IM)
a. Pria dan wanita maksimal 40 tahun
b. Pendidikan min SLTA atau sederajat
c. Pengalaman di internet marketing minimal 1 tahun
d. Memilki jaringan yang luas di social networking
e. Berorientasi pada target, dapat bekerja dibawah tekanan dengan pengawasan minimal
5. TEAM LEADER TELEMARKETING ( Kode : TLTM)
a. Pria dan wanita maksimal 40 tahun
b. Pendidikan min SLTA
c. Pengalaman 1 tahun di bidang penjualan telemarketing
d. Mampu memimpin tim dan memiliki jiw kepemimpinan
e. Diutamakan yang pernah bekerja di sales Agency Kartu Kredit, Asuransi, Leasing Company atau Call Center
f. Berorientasi pada target, dapat bekerja di bawah tekanan dan dalam pengawasan minimal
6. Teknisi Komputer ( Kode : TK)
a. Pria maks 35 tahun
b. Pendidikan min SLTA atau sederajat
c. Mampu melakukan instalasi computer atau Notebook
d. Mampu melakukan Maintenance Komputer dan Jaringan.
e. Memiliki pengalaman sebagai teknisi minimal 1 tahun.
f. bekerja kapan saja dibutuhkan.
g. Memiliki Kendaraan Roda Dua dan Sim C.
Setelah membuat semua daftar syarat lowongan
pekerjaan para karyawan dan karyawati memanfaatkan koneksi internet untuk
menyebarluaskan lowongan tersebut dengan menggunakan berbagai media internet ,
antara lain : jejaring sosial seperti Facebook , Yahoo Messanger , tweeter dll
,Bagi para calon karyawan dan karyawati yang tertarik untuk mengambil lowongan
pekerjaan yang trdaftar di lowongan tersebut maka PT. Bin mengharuskan calon
karyawan/karyawati tersebut mengirim lamaran CV dan daftar riwayat hidup
melalui e-mail , selanjutnya jika perusahaan tertarik akan di lakukan
pemanggilan untuk dilakukan sesi Interview. setelah itu pimpinan akan
menentukan layak diterima atau tidak nya calon karyawan / karyawati setelah penilaian dalam sesi
interview sesuai dengan lowongan yang pelamar tersebut inginkan. setelah
pengumuman penerimaan karyawan / karyawati baru , para karyawan dan karyawati
diberi waktu uji coba sebelum menjadi karyawan / karyawati tetap selama 3 bulan
untuk melihat kinerja serta kelayakan karyawan / karyawati bekerja dalam
perusahaan dan menentukan pemberian kontrak kerja atau di berhentikan.
Refrensi :
Tidak ada komentar:
Posting Komentar